CARA CETAK SEMUA DATA EXCEL MENJADI PDF
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara mencetak semua data vlookup di excel menjadi PDF. Pada sesi ini topik khususnya adalah Bagaimana cara agar dapat mencetak semua data vlookup menjadi PDF. Ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh admin / petugas pembuat datanya.
1. Data excel yang sudah siap di cetak
2. File Scrip VBA Cetak dan Simpan PDF (bagi anda yang menjadi member dapat mengunduhnya di member area atau dapat mengubungi admin secara gratis)
Langkah Langkahnya :
1. Siapkan Data Excel yang sudah siap cetak, pastikan sudah mengatur area cetaknya
Save As kedalam format baru
2. Pastikan sudah membuat seperti gambar dibawah ini
Mulai adalah Urutan pertama data yang akan dicetak
Akhir adalah Urutan terakhir data yang akan dicetak
Nama Cetak adalah Nama file yang akan dibuat
Tombol Cetak adalah tombol yang akan kita aktifkan untuk tombol cetak
3. Setelah semuanya (poin 1 dan 2 disiapkan) langkah berikutnya buka Lembar sheet format cetak, kemudian tekan ALT + F11 maka akan muncul seperti gambar dibawah ini
4. Klik kanan pada menu Microsoft Excel, Pilih Import File
5. Upload file satu persatu
6. Setelah berhasil akan muncul seperti tampilan dibawah ini
7. Klik 2x pada Modul Cetak, sesuaikan datanya
Ganti G4 menjadi Kolom Mulai
Ganti G5 menjadi kolom akhir
Selanjutnya klik Close
8. Klik 2x pada modul SavePDF dan sesuaikan datanya
Ganti G6 menjadi Kolom Nama Cetak
Selanjutnya Close
9. Tutup halaman VBA nya dengan cara klik Close (Jangan pernah menekan CTRL+S, karena jika kita salah klik data akan rusak semua)
10. Klik kanan pada tombol Cetak, pilih terapkan Makro
11. pilih macro cetakallpdf, selanjutnya klik OK
12. tombol akan berubah menjadi berfungsi
Jika krusor diarahkan, tombol akan berfungsi
13. Klik Tombol cetak untuk mencetak
Klik OK, maka dokumen akan secara otomatis dibuat pada folder dimana file excel ini di simpan
14. Hasil cetakan
Terimakasih, semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment